Jumat, 28 Maret 2014

TIPS GANTI DAN SUBSTITUSI BUSI STANDAR MOTOR

TIPS GANTI DAN SUBSTITUSI BUSI STANDAR MOTOR SESUAI KODE BUSI

BUSI merupakan suatu suku cadang atau spare-part yang berhubungan langsung sistem pembakaran sepeda motor. Apabila kondisi busi sudah kurang baik maka mengakibatkan pembakaran mesin sepeda motor menjadi kurang sempurna. Lari motor pun jadi loyo, boros BBM dan timbul knocking (getaran mesin). Apalagi jika kondisi busi sudah mati maka motor pun gak akan bisa dihidupkan mesinnya alias macet, hahaha.... Oleh sebab itu kita harus selalu memperhatikan kondisi busi tunggangan kita. Bersihkan busi tiap 2000km untuk motor 4-tak dan tiap 1000km untuk motor 2-tak. Jangan lupa, biar gak sampai tunggangan kita ngambek di jalan alias mogok, maka sebaiknya ganti busi tiap 8000km (4-tak) dan 6000km (2-tak). Sediakan pula busi cadangan bila kita sering bepergian jauh atau sering pulang malam. Karena walaupun sudah rajin mengecek busi, kalau memang lagi apes bisa kejadian busi koit sebelum masa pakai ideal lewat. Kan berabe kalau pas motor mogok gak ada bengkel di sekitar kita atau busi motor kita langka.



HONDA
MODEL
NGK STD
DENSO STD
BEAT
NMP
SCOOPY
SPACY
CPR8EA-9
U24EPR9
BLADE
ABS REVO
CPR6EA-9S
U20EPR9s
CS1
SONIC 125
CR8E
U24ESR-N
GL PRO/MAX
MEGA PRO
TIGER SERIES
DP8EA-9
X24EP-U9
KARISMA
KIRANA
SUPRA 125
CPR6EA-9
U20EPR-U9
NSR 150
B8ES
W24ES-U
REVO
SUPRA SERIES
C7HSA
U22FS-U
VARIO
CR7EH-9
U22FER-9
VARIO 125i
PCX SERIES
CPR7EA-9
U22EPR-9

YAMAHA
MODEL
NGK STD
DENSO STD
VIXION
CR8E
U24ESR-N
JUPITER MX
BYSON
CPR8EA-9
U24EPR9
MIO
NOUVO
MIO SOUL
C7HSA
U22FSR-U
SCORPIO SERIES
DP8EA-9
X24ES-U
JUPITER Z
VEGA
C7HSA
U22FS-U
MIO SPORTY
CR8E
U24ESR-N

SUZUKI
MODEL
NGK STD
DENSO STD
FU 150
THUNDER 125
FXR 150
CR8E
U24ESR-N
ARASHI
SHOGUN 110
SHOGUN 125
SMASH
TITAN
CR6HSA
U20FS-U
THUNDER 250
D8EA
X24ES-U
SPIN
SKYWAVE
CR6HSA
U20FSR-U
SATRIA RU120
BP8ES
W24ES-U

KAWASAKI
MODEL
NGK STD
DENSO STD
ATHLETE
BLITZ 125
KAZE
ZX 130
CR6HSA
U20FS-U
NINJA R
BP8ES
W24ES-U
NINJA RR
B9ECS
W27ES-U
NINJA 250
CR8E
U24ESR-N

BAJAJ
MODEL
NGK STD
DENSO STD
P.XCD 125
-
U27ESR-N
PULSAR  180
-
U27ESR-N
PULSAR 200
-
U27ESR-N

Nach, bagi pemilik motor yang berada di daerah yang kesulitan mencari busi original bisa substitusi tuch sesuai kode businya. 
Jangan sampai dech mogok di jalan kayak gini, hehehe....
Semoga dengan sedikit tips ini bisa membantu Bro dan Sis biar gak kesulitan lagi mencari busi "kuda besi" kesayangan. Keep safety first, otre....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cctv