TIPS GANTI DAN SUBSTITUSI BUSI STANDAR MOTOR SESUAI KODE BUSI
BUSI merupakan suatu suku cadang atau spare-part yang berhubungan langsung sistem pembakaran sepeda motor. Apabila kondisi busi sudah kurang baik maka mengakibatkan pembakaran mesin sepeda motor menjadi kurang sempurna. Lari motor pun jadi loyo, boros BBM dan timbul knocking (getaran mesin). Apalagi jika kondisi busi sudah mati maka motor pun gak akan bisa dihidupkan mesinnya alias macet, hahaha.... Oleh sebab itu kita harus selalu memperhatikan kondisi busi tunggangan kita. Bersihkan busi tiap 2000km untuk motor 4-tak dan tiap 1000km untuk motor 2-tak. Jangan lupa, biar gak sampai tunggangan kita ngambek di jalan alias mogok, maka sebaiknya ganti busi tiap 8000km (4-tak) dan 6000km (2-tak). Sediakan pula busi cadangan bila kita sering bepergian jauh atau sering pulang malam. Karena walaupun sudah rajin mengecek busi, kalau memang lagi apes bisa kejadian busi koit sebelum masa pakai ideal lewat. Kan berabe kalau pas motor mogok gak ada bengkel di sekitar kita atau busi motor kita langka.
Berikut gue kasih PANDUAN GANTI BUSI STANDAR MOTOR PABRIKAN SESUAI KODE BUSI :
HONDA
MODEL
|
NGK STD
|
DENSO STD
|
BEAT
NMP SCOOPY SPACY |
CPR8EA-9
|
U24EPR9
|
BLADE
ABS REVO |
CPR6EA-9S
|
U20EPR9s
|
CS1
SONIC 125 |
CR8E
|
U24ESR-N
|
GL PRO/MAX
MEGA PRO TIGER SERIES |
DP8EA-9
|
X24EP-U9
|
KARISMA
KIRANA SUPRA 125 |
CPR6EA-9
|
U20EPR-U9
|
NSR 150
|
B8ES
|
W24ES-U
|
REVO
SUPRA SERIES |
C7HSA
|
U22FS-U
|
VARIO
|
CR7EH-9
|
U22FER-9
|
VARIO 125i
PCX SERIES |
CPR7EA-9
|
U22EPR-9
|
YAMAHA
MODEL
|
NGK STD
|
DENSO STD
|
VIXION
|
CR8E
|
U24ESR-N
|
JUPITER MX
BYSON |
CPR8EA-9
|
U24EPR9
|
MIO
NOUVO MIO SOUL |
C7HSA
|
U22FSR-U
|
SCORPIO SERIES
|
DP8EA-9
|
X24ES-U
|
JUPITER Z
VEGA |
C7HSA
|
U22FS-U
|
MIO SPORTY
|
CR8E
|
U24ESR-N
|
SUZUKI
MODEL
|
NGK STD
|
DENSO STD
|
FU 150
THUNDER 125 FXR 150 |
CR8E
|
U24ESR-N
|
ARASHI
SHOGUN 110 SHOGUN 125 SMASH
TITAN
|
CR6HSA
|
U20FS-U
|
THUNDER 250
|
D8EA
|
X24ES-U
|
SPIN
SKYWAVE |
CR6HSA
|
U20FSR-U
|
SATRIA RU120
|
BP8ES
|
W24ES-U
|
KAWASAKI
MODEL
|
NGK STD
|
DENSO STD
|
ATHLETE
BLITZ 125 KAZE ZX 130 |
CR6HSA
|
U20FS-U
|
NINJA R
|
BP8ES
|
W24ES-U
|
NINJA RR
|
B9ECS
|
W27ES-U
|
NINJA 250
|
CR8E
|
U24ESR-N
|
BAJAJ
MODEL
|
NGK STD
|
DENSO STD
|
P.XCD 125
|
-
|
U27ESR-N
|
PULSAR 180
|
-
|
U27ESR-N
|
PULSAR 200
|
-
|
U27ESR-N
|
Nach, bagi pemilik motor yang berada di daerah yang kesulitan mencari busi original bisa substitusi tuch sesuai kode businya.
Jangan sampai dech mogok di jalan kayak gini, hehehe.... |
Semoga dengan sedikit tips ini bisa membantu Bro dan Sis biar gak kesulitan lagi mencari busi "kuda besi" kesayangan. Keep safety first, otre....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar